Minggu, 21 Oktober 2018

PENGALAMAN KERJA RESERVATION AND TICKETING STAFF


YUHUUUU.... ketemu lagi dengan tulisan saya yang amat sangat belum tertata rapi dan masih berantakan,,, nah berhubung tulisan pertama aku yang pengalaman kerja di BTPN lumayan dapat respon,, kali ini aku putusan kembali buat berbagi cerita sama kalian tentang pengalaman aku kerja di ticketing airlines alias jualan tiket pesawat rute kemanapun dan dimanapun,,, kalian mau gak nih diajak keliling dunia sama aku ....? kalau mau,, yuk ikut baca tulisanku sampai seselai,,
Nahh,,, setelah aku resign dari pekerjaan lamaku,, sekarang aku menemukan pekerjaan baru,, yahh yang kalian harus inget kerja dimanapun itu ada enak dan ada gak enaknya ,,, jadi simak ya
Awal mulai kerja aku tahun 2015 disalah satu kantor ticket yang berada dikotaku.. disitu aku amat sangat gak tau apa yang namanya dunia permaskapaian,,, cielaaahh yang aku tau kan duniaku tentang aku dan kamu,,, hahah
Dimulai awal masuk ,, kalau disini aku Cuma tes wawancara dan sedikit tes b.ing sama komputer aja sih.. maklumm masih milik PT yang gak begitu besar,,, aittsss walaupun gak besar disitu aku dapet ilmu yang banyak banget ,, karna perusahaan kecil akan mempunyai strategi dan motivsi untuk menjadi besar,, dan ilmu itulah yang aku cari,, kenapa...? karna suatu saat akupun juga pengen punya usaha sendiri, pengen jadi bos dan punya karyawan sendiri,,, amin
Kerjaan nya sih simple
1.       Melayani penumpang dengan ramah tamah, sabar ,cekatan tentunya penampilan enak dipandang.
2.       Inget penumpang adalah raja dari segala raja ,,, jadi saat dia minta tiket pesawat yang paling murah walaupun pas gak ada promo tetap sabar aja deh
3.       Kita harus cepat dalam memproses tiket yang diminta,, kenapa ...? ya karna harga tiket pesawat itu berubah sewaktu waktu,, kadang ya,, jam 10.25 menit masih diharga 100 nanti jam 10.27 menit bisa diharga 150 ,, nahh maka dari itu,, kita harus cepat dan tanggap dalam memproses tiket
4.       Kita harus pintar dalam berkomunikasi dan jelas dalam menyampaikan informasi ,, karna sedikit saja kita salah menyampaikan informasi atau terjadi miss komunikasi akibatnya kita yang kena ,, dan ujung ujungnya sih harus ganti rugi ..
5.       Kalau kerjaan pastinya sih cukupgampang
a.       Mencarikan tiket buat penumpang sesuai jadwal
b.      Apabila ada pembatalan penerbangan atau kendala lainya kita harus proses ke CS
c.       Proses refund ticketing apabila ada yang ingin membatalkan dan dicairkan dana .
Nah,, itu gambaran sedikit tentang selama aku kerja di ticketing,,, slama aku kerja disana aku pernah namboki uang karna salah info kepenumpang sebesar 800.000 rbu ,, itu masih diangka kecil loh,,, temenku malah ada yang sampek berjuta juta ,,, tapi kalau pas ada tiket tau tau turun harganya nah,, lumayan kan ya,,, hehehe eittss lumayan buat nutup tambokanya maksudnya,,,
karna kerja disini aku jadi tau tentang dunia maskapai,, bandara bandara di indonesia dll,, bnyak deh  dan sekarang dirumah aku sudah mulai buka usaha ini sendiri,, yahh,, luamayan lah ya,,, doain ya semoga tahun 2019 bisa buat kantor sendiri.... amin
Oh iya,, kalau ada pertanyaan bisa langsung coment aja ya,, atau gak follow ig ku @fia_afridahh

1 komentar: